Berita

Ini Dia 7 Sosok yang Disebut Bakal Gantikan Ratu Tisha sebagai Sekjen PSSI

Adik ipar Iwan Bule mempunyai kans besar menjadi Sekjen PSSI

anakbola.net – Sepeninggal Ratu Tisha Destria, Senin (13/4) kabarnya PSSI akan segera menggelar rapat untuk ‘menggodog’ figur-figur yang pantas diangkat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI. Menurut Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Soemantri rencana rapat untuk memutuskan pengganti Ratu Tisha akan dihelat akhir bulan ini.

Belakangan mencuat beberapa nama tokoh persepakbolaan tanah air yang disebut-sebut merupakan calon kuat Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI. Berdasarkan penelusuran anakbola.net terdapat tujuh orang termasuk ‘orang dekat’ Ketua Umum PSSI saat ini yang masuk dalam deretan bakal calon yang diusung beberapa kalangan.

Budi Setiawan
Pernah menjabat sebagai Deputi Sekjen PSSI pada kepengurusan PSSI Periode 2015-2019, Budi Setiawan dikabarkan merupakan satu diantara ‘orang dekat’ Mochamad Iriawan, Ketua Umum (Ketum) PSSI yang bakal menggantikan Ratu Tisha.

Foto: https://www.pssi.org/

Deputi Sekjen PSSI di era kepemimpinan La Nyalla Mattalitti itu pun sempat mencalonkan diri sebagai wakil ketua umum PSSI.

Maaike Ira Puspita

Foto: https://rmco.id/

Selain Budi Setiawan, ‘orang dekat’ Ketum PSSI lainnya yang rumornya mempunyai kans besar menjadi Sekjen PSSI ialah Maaike Ira Puspita. Pada (16/1) adik ipar ketum PSSI ini didapuk menjadi Wakil Sekjen PSSI untuk mendampingi Ratu Tisha.

Muhammad Kusnaeni

Foto: instagram @mohamadkusnaeni

Jurnalis senior dan komentator sepak bola ini dinilai cukup layak untuk jabatan Sekjen PSSI. Saat Kongres Luar Biasa PSSI tahun lalu, Muhammad Kusnaeni turut mendaftarkan diri sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Sayang, belum terpilih ketika itu.

Ahmad Syauqi Suratno
Figur yang juga masuk bursa calon Sekjen PSSI ini kiprahnya di dunia persepakbolaan tanah air sudah tak diragukan lagi. Diantaranya pernah menjadi pengurus di Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI).

Foto: https://mentarinews.id/

Saat ini ia menjabat Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY Yogyakarta periode (2019-2023). Saat Kongres Luar Biasa PSSI pada 2019 lalu, Syauqi ikut meramaikan bursa calon anggota Exco PSSI, namun gagal terpilih.

Baca Juga:  Apa Kata Mereka #3: Bermodalkan Pengalaman di PSSI, Bung Towel Cocok Jadi Sekjen PSSI

Marco Gracia Paulo
Pemegang sertifikat Sports Industry Essentials dari Columbia University ini pernah dipercaya menjabat Deputi Sekjen PSSI pada tahun 2018. Selang satu tahun kemudian Marco menjalani karirnya di PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai Direktur Pengembangan Strategis dan Inovasi.

Foto: https://www.lampung77.com/

Marco juga memiliki pengalaman memimpin klub sepak bola, diantaranya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Badak Lampung FC dan Direktur Utama PSS Sleman. Dengan pengalaman tersebut Marco merupakan kandidat yang bakal diperhitungkan untuk menempati posisi Sekjen PSSI.

Viola Kurniawati

https://www.goriau.com/

Mantan CEO PSS Sleman pada Liga 1 2019 ini juga mencuat namanya sebagai salah satu kandidat yang bisa menjadi Sekjen PSSI. Sebelum hijrah ke PSS Sleman Viola merupakan Media Officer Persija. Ia pun memiliki pengalaman sebagai staf di PT Liga Indonesia Baru.

Tommy Welly
Nama terakhior ini juga sudah tak asing lagi di dunia sepak bola Indonesia. Mantan jurnalis sepak bola sekaligus salah satu komentator sepak bola yang cukup populer ini tercatat pernah pula menjabat Direktur Pengembangan Sepakbola dan Direktur Kompetisi PSSI sepanjang tahun 2012 – 2016.

Foto: instagram @bungtowel8

Bung Towel begitu dirinya biasa disapa juga pernah menjajal kemampunya sebagai juru bicara PSSI. Ia pun pernah tercatat sebagai Anggota Ad-hoc Reform Committee PSSI-FIFA, AFC Coach Education Course (Technical Director/Instructor), dan Technical Study Group. (MM/BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker