Berita

Jelang Piala Soeratin 2020 Badan Liga Askot PSSI Surabaya Lakukan Sosialisasi

anakbola.net –  Sebagai upaya memberikan minutes play kepada para pesepakbola muda, Badan Liga Asosiasi Kota/Askot PSSI Surabaya akan menggelar Piala Soeratin kategori U-10, U-12, dan U-14.

Pelaksana Liga Askot PSSI Surabaya Achmad Yari, memaparkan minutes play yang bagus para peserta tidak sekadar mengikuti turnamen selama tiga hari dan selesai begitu saja. Namun akan mendapatkan jumlah pertandingan yang banyak sehingga ‘jam terbang’ mereka meningkat.

Dengan demikian melalui ajang ini para pesepakbola muda itu bisa memperoleh wahana untuk mengasah skillnya selain yang telah diperoleh di sekolah sepak bola (SSB). Sekaligus memberikan mereka pengalaman bagaimana menghadapi sebuah kompetisi.

Hal ini disampaikan oleh Achmad Yari ketika Askot PSSI Surabaya menyelenggarakan sosialisasi event Piala Soeratin di Resto Pierone, Surabaya, Minggu (22/3). Lebih lanjut Yani mengatakan bahwa pihaknya menargetkan untuk setiap ketegori usia akan diikuti masing-masing sebanyak 32 tim. Unsur peserta terdiri dari 52 klub yang merupakan anggota Askot PSSI Surabaya.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut, tampak hadir Ketua Askot PSSI Surabaya Maurits Bernard Pangkey, atau yang akrab disapa dengan panggilan pak Champ.

Gelaran Piala Soeratin ini akan berlangsung di Stadion Kodam Brawijaya untuk U-10 tahun. Kemudian 2 venue stadion di lingkungan Akademi Angkatan Laut Bumimoro untuk U-12 tahun.

Dalam pelaksanaannya di kategori U-10 dan U-12 akan bermain sepanjang 20 menit per babak dengan 7v7 (7 pemain setiap tim). Memberlakukan konsep festival, yang mana dalam babak penyisihan menggunakan sistem setengah kompetisi. Tiap-tiap grup akan diisi 8 tim.

Sementara itu untuk kategori U-14 karena harus bermain di lapangan besar, penyelenggara akan menyiapkan 2 venue. Venue pertama, adalah Stadion Galing. Sedangkan venue kedua masih dalam tahap negosiasi dengan pengelola stadion Jambangan.

Baca Juga:  Persip Pesanggaran Pimpin Grup D Piala Soeratin U-15

Achmad Yari, juga menerangkan jika pembiayaan event ini dilakukan registrasi normal. Salah satu syarat yang diberlakukan ialah harus melunasi biaya iuran tahunan anggota Askot PSSI. Syarat berikutnya membayar biaya registrasi sebesar Rp 1 juta untuk kategori U-10 dan U-12 tahun. Dan Rp 1,5 juta bagi kelompok umur U-14.

Melalui Piala Soeratin yang akan digelar ini, Askot PSSI Surabaya bermaksud memenuhi salah satu tugasnya untuk membina anggota klub yang bernaung di bawahnya. Kemudian tujuan dari kompetisi ini menurut Achmad Yari ialah untuk mencetak calon pemain sepak bola terbaik bagi Indonesia.

Achmad Yari menambahkan, bahwa upaya ke arah itu harus diwujudkan melalui kompetisi yang benar dan bagus. Salah satunya melalui Piala Soeratin yang menjadi agenda rutin PSSI yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini.

Pada level provinsi, di tahun 2020 ini Asprov PSSI Jatim akan menggelar Piala Seoratin dalam enam kelompok umur, yakni U-10 hingga U-17 dari tiga kategori di tahun sebelumnya.
“Kalau tahun kemarin masih tiga kelompok usia, sekarang menjadi enam kelompok usia,” terang Achmad Yari.

Adapun jadwal registrasi klub peserta dimulai sejak 19 Maret sampai dengan 19 April 2020. Jika tidak ada halangan maka laga perdana babak penyisihan akan dihelat pada 1-5 Juni mendatang. Sedangkan final Piala Soeratin akan berlangsung di Gelora 10 November pada 30 Agustus 2020. (MM)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker