Berita

Penalti Ilham Samud Dianulir, Barito FC Harus Berbagi Angka Dengan Cilamba FC

anakbola.net Barito FC Pasir Bunut harus puas berbagi angka dengan Cilamba FC dalam lanjutan Liga Darma 2020, Sabtu (28/11) sore. Pada laga yang berlangsung di Lapang Sepakbola Damarwulan, kecamatan Darma, kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kedua kesebelasan menyudahi pertandingan tanpa gol.

Tim berjuluk Laskar Barubeunang nyaris membukukan kemenangan lewat gol Ilham Samud dari titik putih. Namun wasit Arif Nur Hidayat yang memimpin pertandingan menganulir gol tersebut.

Sejak sepak mula, pemain-pemain Barito mendominasi penguasaan bola. Meski berulang kali menggempur pertahanan Cilamba, penyerang Barito masih kesulitan buat menyarangkan bola. Kondisi lapangan yang becek dan licin menjadi penyebab kedua tim kesulitan dalam mengontro dan menghalau pergerakan bola.

Meski bermain di bawah guyuran hujan, anak-anak asuh Endi Kuswendi tampil dengan motivasi tinggi demi melanjutkan trend kemenangan di Liga Darma. Seperti diketahui Barito FC Pasir Bunut sempat mengalahkan Balghir FC (1-0) sebelum liga dihentikan sementara karena pandemi COVID-19.

Dengan langkah yang berat karena lumpur lapangan, Ilham Samud dan kolega beberapa kali mampu mengancam pemain belakang Cilamba. Sayang, peluang tersebut belum membuahkan gol.

Pemain Barito FC Pasir Bunut dan Cilamba FC saling bersalaman jelang kick off ‘Derby Sakaruhun’ pada lanjutan Liga Darma 2020, Sabtu (28/11).

Sebaliknya Cilamba yang keluar dari tekanan hampir mencuri gol. Berawal dari serangan balik cepat yang diinisiasi pemain tengah Cilamba, Fikri yang merangsek menembus benteng pertahanan Barito berhasil melepaskan tendangan usai menerima umpan terukur dari rekannya. Akan tetapi tendangan kerasnya membuat bola melayang tipis di atas mistar gawang Barito. Gawang yang dikawal Akil pun masih terhindar dari petaka.

Kembali menekan lawan, Barito yang mengandalkan Rizal Monieaga, Ilham Samud, Edwin Marco, Nuh Hidayat, maupun Ozan Edoway masih gagal menggetarkan gawang Cilamba FC yang dijaga oleh Fahri. Skor kacamata (0-0) menutup babak pertama.

Baca Juga:  Brace Kinoy Bawa Putra Bangsa FC Menang di Kandang Cikal

Memasuki babak kedua, baik Barito FC Pasir Bunut maupun Cilamba FC mencoba bermain lebih agresif. Tempo permainan berlangsung lebih cepat dan terjadi jual-beli serangan. Meski demikian belum mampu merubah kedudukan.

Barito akhirnya memperoleh peluang emas untuk mengunci kemenangan pada menit ke-75, melalui titik putih. Hadiah penalti tersebut diberikan setelah Asep Kribo, pemain belakang Cilamba melakukan handball di kotak penalti.

Lantas terjadi insiden yang cukup membuat pemain dan ofisial Barito kecewa. Pasalnya tendangan penalti yang dieksekusi oleh striker sekaligus kapten tim Barito FC Pasir Bunut Ilham Samud harus dianulir lantaran hakim garis Yan Faisal mengangkat bendera, dengan alasan melihat penjaga gawang Cilamba maju melampaui garis gawang sebelum bola ditendang. Padahal Wasit Arif telah meniup peluit menyatakan sah bola yang dijaringkan.

Wasit kemudian memutuskan mengulang tendangan penalti tersebut. Malang bagi Barito, kejadian serupa terulang lagi dan memaksa Ilham melakukan tendangan penalti untuk ketiga kalinya. Sementara itu kepada kiper Cilamba, wasit memberi sanksi berupa kartu kuning.

Keberuntungan rupanya belum berpihak kepada Barito. Tendangan penalti terakhir Ilham masih dapat ditepis penjaga gawang lawan, dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Kesempatan mengemas tiga poin di pertandingan ini pun lepas begitu saja.

Sampai dengan laga usai tak ada satu gol yang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Sehingga “Derby Sakaruhun” ini harus berakhir dengan dengan skor imbang 0-0. Dengan hasil itu Barito FC Pasir Bunut hanya naik satu strip ke posisi sepuluh klasemen sementara Liga Darma. (RED)

Susunan Pemain Cilamba FC:
Kiper: Fahri
Bek: Ihwan, Didin, Asep, Fahmi, Adis
Gelandang: Iman, Amry, Kudel, Yudi, Uung
Depan: Fikri, Kiki, Azka

Baca Juga:  Menang Adu Penalti Atas Si Merah FC, Dodos FC Jadi Kampiun Punggur Kecil

Susunan Pemain Barito FC Pasir Bunut:
Kiper: Akil, Enda
Bek: Bosco, Heri Ocad, Helmi, Ade Keceng, Ade Rian
Gelandang: Yadi, Edwin Marco, Rizal Monieaga, Ilham Samud, Rizki
Depan: Ozan Edoway, Nuh Hidayat, Zarot, Nanang

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker