Berita

Bima Sakti Fokus Benahi Fisik dan Taktik Timnas U-16

anakbola.net – Pelatih Tim Nasional Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman masih fokus membenahi aspek fisik, taktik permainan serta lini pertahanan dan menyerang tim asuhannya. Hingga pekan kedua pemusatan latihan Timnas U-16 para pemain terus digenjot kemampuan fisik dan taktiknya.

Menurut Bima performa pemain Timnas U-16 sejauh ini sudah mengalami peningkatan.

“Baik itu dari fisik, pemahaman taktik yang diperbaiki mereka sudah banyak meningkat. Pembenahan setelah dua laga uji coba melawan UEA (Uni Emirat Arab) membuat kami dapat pelajaran bermakna,” bebernya seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Untuk menu latihan satu pekan mendatang, Bima akan menyuguhkan materi terkait catatan perbaikan mereka usai dua laga uji coba Internasional tersebut.

“Hari ini kami mempertajam passing, terutama akurasi, small sided game, tiga tim dibagi tujuh pemain kami juga banyak melakukan permainan dengan menggunakan seluruh lapangan, setiap pemain mendapat giliran main. Hal ini akan terus menjadi menu mereka selama satu pekan nanti,” imbuh Bima.

“Saya berharap pemain bisa lebih memperkecil jarak antar lini, terutama saat bertahan, jarak menjadi fokusnya. Terutama apabila melawan tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh lebih besar dan tinggi seperti pemain tim UEA. Saat lawan memainkan bola direct dari penjaga gawang mereka langsung ke depan, itu bagaimana cara antisipasinya, pemain saya minta untuk menjaga jarak, jangan terlalu terbuka,” sambung Bima.

Tak hanya soal fisik dan teknik bermain, Bima Sakti juga menghimbau para pemain asuhannya dapat menjalin hubungan baik dengan sesama anggota tim, serta selalu menjaga kesehatan dengan patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Pemain Timnas U-16 saat mengikuti sesi latihan. (Foto: pssi.org)

Sementara itu, satu pemain yang baru dipanggil kembali oleh Bima Sakti, Arkhan Fikri, mengungkap dirinya pantas bersyukur bisa kembali bergabung di TC periode kali ini.

“Latihan hari ini (23/11) berjalan dengan baik dan saya beserta teman-teman lainnya terus berjuang kedepannya. Secara fisik saya merasa sudah mulai ada perkembangan, saya sudah berani pegang bola dan tidak trauma lagi usai cedera. Trauma sudah hilang, caranya, dengan terus berlatih di lapangan dan membiasakan diri serta memiliki keyakinan diri untuk bisa kembali bagus,” ujar pemain Barito Putra U-16 ini.

Baca Juga:  Gesit Dan Cepat Menggiring Bola, Adam Jadi Penghasil Gol

Secara pribadi Arkhan memasang target tersendiri di Timnas U-16. “Target saya, bisa terus membuktikan diri kalau saya bisa bermain dan membawa tim ini ke piala AFC dan juga terpenting ke Piala Dunia,” tutupnya. (BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button