Berita

Berawal Dari Grup Band, Costa Van Java Buka Kelas Pembinaan Usia Dini

anakbola.net – Jenjang pembinaan pemain yang jelas dan berkelanjutan merupakan wahana buat menciptakan pesepakbola berkualitas. Menyadari hal tersebut, enam bulan yang lalu pengurus Costa Van Java tergerak untuk menggelar pembinaan pemain sepak bola usia dini di desa Belimbing, kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten.

Ketua Pengurus Costa Van Java Eka Prasetyo mengatakan jika ia dan rekan-rekannya semula memiliki mimpi sederhana untuk mengharumkan nama baik kampungnya. Lantas melalui program latihan yang lebih baik, kelak CVJ tak henti-henti melahirkan pemain-pemain sepak bola yang bagus.

Berawal Dari Grup Band, Costa Van Java Buka Kelas Pembinaan Usia Dini

“Tujuan kami membuka kelas pembinaan usia dini karena ingin mendorong agar anak-anak di daerah ini bisa menjadi pemain-pemain berkelas. Dan untuk mencapai ke sana tentu berawal dari berlatih secara bertahap dengan disiplin,” ujar Eka Prasetyo.

“Kami berharap dengan adanya program latihan usia dini tersebut, bisa menjadi wadah menggali bakat-bakat sepak bola dari desa Belimbing. Serta dapat memotivasi anak-anak untuk menjadi pemain Liga 1,” imbuh pelatih Costa Van Java Nandan Wahidin.

Berawal Dari Grup Band, Costa Van Java Buka Kelas Pembinaan Usia Dini
anal-anak Costa Van Java saat menggelar laga ujicoba.

Selain sebagai tempat menimba pengetahuan teknik dan taktik sepak bola, kelas usia dini yang dibuka CVJ juga bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, kemandirian dan kepatuhan anak-anak terhadap orang tua. Menurut Nandan, tidak semua anak-anak didiknya itu bakal menjadi pemain sepak bola. Karena itu penting bagi mereka memiliki sikap dan perilaku yang demikian, baik nanti saat berkarir sebagai pesepakboa maupun menggeluti profesi lainnya.

“Jadi sepak bola tidak sekadar sebagai olahraga tapi menjadi media membentuk karakter anak-anak agar menjadi lebih baik,” terang pelatih yang berlatar belakang sebagai guru itu.

Baru setengah tahun berjalan, sebanyak 26 anak-anak dari usia 8-17 tahun telah bergabung di kelas usia dini dan usia muda yang dikelola CVJ. Dibawah asuhan Nandan, selama satu semester ini, para siswa tersebut fokus mengenal dan memahami teknik-teknik dasar bermain sepak bola.

Baca Juga:  Aston Vila FC Gelar Pembinaan Usia Dini Lewat Kompetisi dan Coaching Clinic

Sementara untuk kebutuhan melengkapi fasilitas dan peralatan latihan, diperoleh dengan jalan gotong-royong di antara pengurus Costa Van Java.

Sejarah singkat Costa Van Java
Berawal Dari Grup Band, Costa Van Java Buka Kelas Pembinaan Usia DiniCosta Van Java didirikan oleh para pemusik yang tergabung dalam grup band pada tahun 2015. Karena grup musik ini vakum, mereka lantas membentuk klub sepak bola. Keputusan tersebut diambil karena para pendiri CVJ ingin dapat berkarya dan memberi kebanggaan kepada kampung halamannya.

Costa Van Java sendiri mengandung arti “Costa” merupakan singkatan dari Kosambi-Tangerang, sedangkan Van Java yang dimaksud adalah Jawa Barat.

Saat ini klub CVJ dipimpin oleh Eka Prasetyo sebagai ketua pengurus. Kemudian pimpinan tim dan pelatih sepak bola diamanahkan kepada Endang Abdul Halim dan Nandan Wahidin. Sedangkan jabatan penasihat tim dipegang A. Syarifudin. (RED)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

1 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker