Serba Serbi

Dampak COVID-19, Ada Tradisi Baru Dalam Sepak Bola

anakbola.net – Bundesliga musim 2019-2020 kembali bergulir, ditandai dengan digelarnya pertandingan perdana pada pekan ke-26 paska dihentikan dua bulan lalu karena merebaknya wabah COVID-19 yang melanda Jerman, Sabtu (16/5) malam (waktu Indonesia barat/WIB).

Dampak COVID-19, Ada Tradisi Baru Dalam Sepak Bola

Tak hanya menjadi obat penawar rindu para pecinta bola di dunia, jalannya pertandingan juga menjadi perhatian dan memantik perbincangan berbagai kalangan. Bagaimana tidak, dalam pelaksanaan pertandingan yang dihelat di 10 (sepuluh) stadion yang ada di Jerman para penonton di pelbagai benua disuguhkan suasana pertandingan yang tidak biasa.

Keberhasilan Jerman dalam mengendalikan rantai pandemi virus Corona dimanifestasikan pula dalam pertandingan pekan ke-26 tersebut. Tampak beberapa ‘prosedur baru’ terlihat diterapkan dalam lanjutan liga. Konsep yang diberlakukan Bundesliga menjadi cerminan akan ‘tradisi’ sepak bola paska pandemi global, COVID-19.

Berikut ini anakbola.net merangkum beberapa prosedur baru yang diperkenalkan pada kompetisi utama sepak bola Jerman itu:

  • Para pemain dari tim yang akan berlaga melakukan latihan tim secara terpisah, baik terkait personel atau individu maupun waktu pelaksanaannya.
  • Setiap pemain memasuki lapangan secara terpisah dengan mengenakan masker.
Dampak COVID-19, Ada Tradisi Baru Dalam Sepak Bola
Ilustrasi posisi duduk pemain cadangan di bench. (Foto: https://fcbayern.com/en)

 

  • Di pinggir lapangan pemain cadangan, staf/ofisial, dan pelatih juga memakai masker. Di deretan bangku cadangan (bench) pemain yang menanti giliran turun bermain duduk berjarak (physical distancing).
  • Bola yang dipakai dalam pertandingan tak luput dari bagian prosedur kesehatan. Dengan cairan disinfektan bola-bola yang digunakan dibersihkan.
Dampak COVID-19, Ada Tradisi Baru Dalam Sepak Bola
Ilustrasi selebrasi ala phisycal distancing. (Foto: https://www.bundesliga.com/en/)

 

  • Saat di lapangan tos atau salaman pun ditiadakan. Hingga selebrasi usai mencetak gol tak lagi dengan pelukan sesama rekan satu tim, namun melakukannya dengan tetap menjaga jarak, seperti cukup saling menyentuhkan siku, tos tanpa menempelkan telapak tangan atau sekadar saling mengarahkan anggota tubuh lainnya. Bisa disebut gaya semacam itu sebagai selebrasi ala physical distancing.
Dampak COVID-19, Ada Tradisi Baru Dalam Sepak Bola
Ilustrasi pertandingan tanpa dihadiri penonton. (Foto: https://www.bvb.de/)

 

  • Sebagai kompetisi dengan rataan penonton terbanyak di dunia pada musim 2018-2019 lalu (43.467  penonton), setelah mengungguli Premier League yang membukukan jumlah penonton sebanyak 38.188, Bundesliga berani mengambil resiko dengan menggelar pertandingan tanpa penonton.
Baca Juga:  Demi Sikap Politik Timnas Indonesia Urung Tampil Pada Piala Dunia 1958
Dampak COVID-19, Ada Tradisi Baru Dalam Sepak Bola
Ilustrasi, wawancara pemain dengan jurnalis yang menerapkan physical distancing. (Foto: https://fcbayern.com/en)

 

  • Di luar pertandingan, sesi wawancara dengan jurnalis juga diadakan dengan menerapkan jarak yang aman. MM

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker