Berita

Tak Hanya Soal Skill, Program Garuda Select Tekankan Disiplin dan Tanggung Jawab Pemain

anakbola.net – Sejak Kamis (17/12) para pemain Garuda Select Jilid III mulai berlatih demi mematangkan persiapan menjalani sejumlah agenda pertandingan. Pelatih Kepala Garuda Select Des Walker yang memimpin latihan mengawali sesi latihan dengan memperkenalkan berbagai pendekatan taktik dan teknis sepak bola berstandar Eropa.

Salah satu pemain Garuda Select, Noval Junior, mengatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak wawasan baru selama berada di Inggris. Ia pun mengaku lebih termotivasi untuk berlatih dengan keras.

“Dari latihan perdana ini saya bisa melihat bagaimana atmosfer sepak bola di sini. Pelatih di sini keras dan mereka sangat detil karena jika ada satu pemain melakukan kesalahan kecil harus cepat dievaluasi. Pemain juga dituntut untuk beradaptasi dengan cepat,” ujar Noval seperti dilansir laman program Garuda Select.

Menanggapi metode latihan yang diberikan Des Walker dan jajarannya, menurut Hokky Caraka, pemain Garuda Select angkatan ketiga tim pelatih di program ini sangat memperhatikan faktor teknis dan fisik. Hal itu meliputi bagaimana melakukan passing hingga shooting dengan efektif.

Sementar itu Danny Holmes selaku asisten pelatih menerangkan bahwa menjadi pemain sepak bola tidak hanya memerlukan skill individu yang apik. Sepak bola adalah tentang kerjasama kolektif antara 11 orang pemain di lapangan. Oleh karena tim pelatih selalu menekankan setiap pemain memahami fungsi mereka di atas lapangan.

“Dua hari pertama latihan lebih kepada membiasakan diri dengan kondisi di Inggris. Setelah itu, mereka latihan taktik yang lebih difokuskan pada lini pertahanan dengan dibantu dua pemain tengah. Fungsinya agar mereka mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka beserta posisi mereka dalam beberapa situasi tertentu,” beber Danny Holmes.

Terkait dengan kelengahan para yang masih ditemukan disaat bola keluar dari permainan, Danny mengatakan tim pelatih juga mengingatkan agar ana-anak asuhnya itu selalu sigap dan berkonsentrasi penuh. Pasalnya ketika bola tidak berada didekat mereka itu bukan berarti mereka tidak terlibat dalam permainan. (BSD)

Baca Juga:  Tak Ingin Anak Asuhnya Diremehkan Lawan, Ini Momen Dennis Wise Bakar Semangat Garuda Select
Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button