Berita

Geliat Sepak Bola Putri dari Pangandaran

anakbola.net – Berawal dari sekolah sepak bola (SSB) Samudra Gemilang Pangandaran yang sudah malang melintang dalam pembinaan sepak bola usia dini di Jawa barat. SSB dengan segudang prestasi ini telah banyak melahirkan pemain-pemain muda yang siap berkompetisi, baik di level regional Jawa barat maupun pada level nasional.

SSB Samudra Gemilang sejak berdiri fokus menerima siswa untuk sepak bola putra. Namun, sejak Juni 2019, SSB Samudra Gemilang juga mulai menerima siswi sepak bola. Menurut Sugianto, managemen SSB Samudra Gemilang yang di hubungi oleh anakbola.net, SSB Samudra Gemilang adalah SSB yang pertama membuka kelas putri di Pangandaran bahkan di kawasan Priangan timur.

“Kami termasuk yang pertama membuka kelas putri di Pangandaran, karena memang kami bertujuan memfasilitasi pesepakbola putri di Pangandaran bisa memperoleh pelatihan yang baik” terang Sugianto via telpon

Pembinaan pesepakbola putri sampai dengan saat ini memang belum terlalu banyak mendapatkan perhatian dari pengiat sepak bola terutama pada level grassroot. Padahal PSSI telah menetapkan regulasi akan menggulirkan liga 1 Putri. Bahkan pada level tim nasional pun, Indonesia saat ini telah membentuk tim nasional sepakbola putri.

“Rencana bergulirnya liga 1 Putri dan banyaknya kegiatan ekstrakurikuler futsal di sekolah yang diikuti oleh pelajar putri, menjadi kewajiban SSB Samudra Gemilang untuk bisa berperan dalam pembinaan” sambung Sugianto.

Sekolah sepak bola Samudra Gemilang saat ini memiliki siswi sepakbola dari kelahiran 2000 sampai dengan kelahiran 2007. Para pemain putri SSB Samudra Gemilang dikelompokkan pada usia SMP dan SMA.

Salah satu prestasi tim sepak bola putri SSB Samudra Gemilang Pangandaran.

Keseriusan SSB Samudra Gemilang dalam membina pesepakbola putri, terlihat dari penunjukan pelatih tim putri. Wisnu Kristianto, alumni sarjana pendidikan jasmani dari Universitas Negeri Yogjakarta sebagai pelatih tim putri menjadi garansi metode pelatihan yang mumpuni untuk para pesakbola putri ini.

Baca Juga:  Hendri Cetak Hattrick, Arhanud 11 FC Menang 4-1 atas Welcome

Walau tim putri baru terbentuk pertengahan Juni 2019, namun tim putri SSB Samudra Gemilang telah menorehkan beberapa prestasi yang patut diacungi jempol. Beberapa piala juara dibawa pulang oleh tim putri yang di manageri oleh Ary Sugianto ini.

Pada Pra musim Pangandaran League, tim putri SSB Samudra Gemilang berhasil mengangkat Tropi juara 1. Demikian pula, pada turnamen Rawajaya Cup kota Cilacap, tropi juara 1 kembali dibawa pulang oleh anak-anak putri SSB Samudra Gemilang. Tak hanya itu, piala Bupati Pangandaran, turnamen sepakbola putri se-Pangandaran serta liga putri kabupaten Pangandaran, tropi juara kembali menambah etalase piala SSB Samudra Gemilang.

Beberapa pemain putri yang menonjol dari SSB Samudra Gemilang juga pernah dipanggil untuk ikut training center, sebut saja Nita, Irma dan Zahra. Ketiga pemain ini bahkan di proyeksikan untuk mengisi skuat tim nasional putri Indonesia U-17. Wajar saja, ketiga pemain ini beberapa kali menjadi lawan latih tanding tim nasional putri Indonesia di lapangan Sawangan Depok.

Zahra (kiri), salah satu siswi SSB Samudra Gemilang.

 

Guna meningkatkan kemampuan anak-anak putri dari Pangandaran ini, SSB Samudra Gemilang banyak berdiskusi dengan klub-klub yang telah memiliki tim putri. Sharing dan mengadopsi metode pelatihan pesepakbola putri menjadikan SSB Samudra Gemilang semakin hari semakin berkembang.

“Kami tentu banyak belajar dan diskusi dengan klub-klub dan pelatih tim putri PON Jawa barat untuk memperkaya metode latihan untuk pesepakbola putri” ungkap Sugianto.

“Mudah-mudahan liga atau turnamen sepakbola putri makin banyak sehingga anak-anak bisa makin banyak jam terbang pertandingan” harap Sugianto menutup pembicaraan. (MM)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker