Serba Serbi

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Minum Jeruk Lemon Hangat

anakbola.net – Jeruk lemon merupakan salah satu buah yang kandungannya bermanfaat banyak untuk tubuh manusia. Salah satu manfaat air lemon diantaranya ialah dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Daya tahan atau kekebalan tubuh ini memiliki peran penting bagi kita, khususnya untuk menjaga kita tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Apalagi dalam situasi seperti saat ini. Dimana sudah banyak orang yang terinfeksi virus Corona.

Menurut Immune Deficiency Foundation, orang dengan imunitas yang rendah memiliki resiko tinggi tertular virus Corona. Oleh karena itu meningkatkan imunitas tubuh serta dibarengi dengan menjaga kebersihan merupakan salah satu upaya yang dengan mudah bisa dilakukan untuk mencegah terinfeksi virus Corona.

Selain menjalani gaya hidup sehat, cara sederhana lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan/imunitas tubuh adalah dengam mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Buah-buahan berwarna cerah dan terang merupakan sumber makanakan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas adalah jeruk lemon.

Berikut adalah ragam manfaat lemon yang dirangkum oleh anakbola.net dari berbagai sumber:

Membersihkan Hati
Hati merupakan wahana mekanisme alami bagi tubuh untuk membuang racun. Nah, tidak banyak orang yang mengetahui jika air lemon dapat membantu fungsi hati sebagai penyaring di tubuh agar bekerja lebih baik.

Kandungan flavonoid dalam lemon dapat melindungi hati dari racun dan mengurangi lemak di hati. Flavonoid adalah sejenis zat yang sangat kuat untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang sangat berbahaya.

Meningkatkan Sistem Imum Tubuh
Bukan rahasia lagi kalau buah lemon mengandung vitamin C. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antibodi dalam tubuh yang membantu mencegah infeksi.

Baca Juga:  Lewat Vlog Ketua KOI Menghimbau Agar Siswa SSB Latihan di Rumah

Menurut The Clevalend Clinic, zat kimia dalam lemon yang dikenal sebagai fitonutrie memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh terserang penyakit.

Lemon juga membantu untuk membersihkan atau mendetoks segala organ-organ tubuh dari kotoran yang menumpuk. Sekaligus mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh.

Menyeimbangkan pH Darah

Tidak hanya dari makanan saja yang dapat mengembalikan pH darah, adapula minuman yang bisa mengembalikan keseimbangan pH, yakni air perasan lemon dan jeruk nipis.

Baik air lemon dan jeruk nipis, keduanya dapat membentuk alkali yang dibutuhkan tubuh.

Menjaga Kesahatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam lemon berfungsi juga dalam membantu mengurangi kerutan dan noda pada kulit.

Ini terjadi karena, perasan air lemon bekerja untuk membersihkan racun dari darah. Sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap jernih.

Menurunkan Berat Badan
Air lemon bisa dikonsumsi saat sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Ahli gizi Erin Palinski menyatakan, pelifenol yang terkandung dalam air lemon sangat efektif mengurangi nafsu makan.

Meningkatkan Produktifitas
Lemon kaya akan kalium. Kalium berfungsi untuk merangsang fungsi otak dan saraf. Satu lemon mengandung 80 miligram kalium yang juga penting untuk fungsi sel dan otot dasar serta menjaga keseimbangan cairan tubuhmu.

Dengan demikian meminum air jeruk lemon di pagi hari akan memberi manfaat terhadap produktifitas.

Menghindari Infeksi Mulut
Kandungan asam sitrat pada lemon merupakan bahan alami mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh infeksi. Air lemon juga diyakini bisa mengobati infeksi tenggorokan. Untuk memperoleh manfaatnya, kita bisa menggunakan jus lemon untuk berkumur.

Guna memperoleh manfaat dari jeruk lemon, hindari meminumnya dengan menambahkan gula.

Selain bisa meminum langsung air perasan lemon, dapat pula mencampurnya dengan air hangat.

Baca Juga:  Protokol Latihan Sepak Bola Bagi Pemain Belia Di Masa Transisi Pandemi

Sedangkan bagi penderita maag kronis, anakbola.net menyarankan lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

So, tunggu apa lagi. Mari menyegerakan diri untuk meminum jeruk lemon hangat setiap hari. (MM/BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker