Berita

PSSI Pastikan Kompetisi Dilanjutkan, PT LIB Siap Gulirkan Liga 1 dan 2

anakbola.net –  PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akhirnya menerima kepastian terkait kelanjutan kompetisi sepak bola profesional musim ini. Lewat keputusan resmi, Induk organisasi sepak bola di Indonesia itu memutuskan bahwa Liga 1 dan Liga 2 2020 yang terhenti pada Maret lalu karena pandemi COVID-19, akan dilanjutkan pada bulan September atau Oktober mendatang.

Kepastian ini diperoleh usai PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (17/6/2020) secara virtual.

“Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dilansir dari laman PSSI Yunus Nusi, Plt Sekretaris Jenderal PSSI menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2.

Selain itu PSSI juga berkoordinasi dengan Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSSI) serta Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan mereka pun sepakat ingin kompetisi dilanjutkan. Komunikasi dan koordinasi dilakukan pula oleh PSSI dengan Kemenpora, Kemenkes, tim Gugus Tugas Covid-19 terkait lanjutan kompetisi ini.

“Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT LIB juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kepada PSSI termasuk timele mulai dan ujung kompetisi. Saat ini PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nanti seperti regulasi kesehatan, permainan, media dan lain-lain,” imbuh Yunus Nusi.

Menyikapi keputusan PSSI tersebut, Direktur Utama  PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyatakan sebagai operator Liga 1 dan Liga 2 akan memberikan dukungan penuh.

“Sebagai operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, kami siap untuk melanjutkan bergulirnya dua kompetisi tersebut. Patut diketahui, beberapa persiapan sudah kami lakukan dan akan kami lanjutkan untuk proses berikutnya,” jelas, Akhmad Hadian Lukita, Jumat (19/6).

Baca Juga:  Keadaan Darurat Bencana, PSSI Hentikan Liga Indonesia

Akhmad Hadian menambahkan bahwa untuk menggulirkan kembali Liga 1 dan Liga 2 2020, banyak hal yang telah dipersiapkan dan dimatangkan oleh PT LIB. Di antaranya pembuatan dua opsi jadwal pertandingan secara keseluruhan, meliputi Liga 1 dan Liga 2.

“Opsi pertama, kompetisi kami gulirkan pada September dan opsi kedua pada Oktober. Untuk pembagian grup atau sentralisasi, penentuan venue pertandingan, dan hal-hal teknis lainnya, akan kami umumkan kemudian,” tambah pria yang baru saja diangkat sebagai Dirut PT LIB pekan lalu. (BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker