Serba Serbi

Makanan Sehat Ala Atlet Cilik #2: Minuman Peningkat Daya Tahan Tubuh

anakbola.net – Pada artikel sebelumnya anakbola.net mengulas ragam makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh atlet cilik. Nah, kali ini akan disuguhkan informasi tentang minuman yang tak kalah menyehatkan.

Minuman, sangat penting bagi atlet cilik. Meminum banyak cairan bisa mencegah anak dari dehidrasi, serta dapat meningkatkan kekuatan, energi dan koordinasi. Selain itu menghindarkan panas pada tubuh yang disebabkan oleh penyakit.

Dehidrasi ringan pada anak, akan mempengaruhi kinerja atletiknya. Perlu diingat bahwa haus bukan merupakan satu-satunya pertanda jika tubuh si anak sedang mengalami dehidrasi. Oleh karena itu para ahli sangat menganjurkan agar anak-anak minum air atau cairan lain sebelum dan setiap 15 hingga 20 menit selama aktivitas fisik. Tidak harus menunggu haus!

Usai melakukan aktifitas fisik, penting bagi anak untuk minum. Ini berguna buat mengembalikan cairan yang hilang melalui keringat.

Minuman isotonik.
Foto: https://stock.adobe.com/

Kendati banyak minuman isotonik atau sports drinks tersedia, air putih biasanya cukup untuk menjaga anak-anak tetap terhidrasi. Minuman seperti itu dirancang untuk memberikan energi dan menggantikan elektrolit – seperti natrium dan kalium – yang membuat atlet kehilangan keringat.

Jenis minuman isotonik atau sports drinks memang dapat menjadi pilihan yang baik untuk anak-anak yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang berat selama lebih dari 1 jam. Apalagi setelah berolahraga selama 60 hingga 90 menit, tubuh telah menggunakan sumber energi yang tersedia. Meskipun demikian orang tua harus hati-hati dalam memilih minuman isotonik.

Sports drink juga merupakan alternatif yang baik untuk atlet cilik yang sedang bertanding tetapi tidak minum cukup air.

Jus encer (Diluted juice)
Foto: https://www.pexels.com/

Jus encer (diluted juice) bisa pula diberikan sebagai pilihan buat dikonsumsi oleh si anak. Namun hindari atlet cilik mengkonsumsi minuman manis dan minuman berkarbonasi yang dapat menyebabkan gangguan perut.

Baca Juga:  Makanan Sehat Ala Atlet Cilik #3: Tuntutan Berat Badan Ideal Bisa Timbulkan Resiko

Intinya adalah bahwa bagi sebagian besar atlet cilik, air adalah pilihan terbaik untuk hidrasi. Dengan minum air karbohidrat dan elektrolit bisa diisi ulang ke dalam tubuh, setelah melakukan aktifitas seperti berolahraga. (BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker