Berita

Para Pemain PERSIB U-18 Ikuti Yo-Yo Test

anakbola.net – Dalam rangka memperoleh informasi kondisi kebugaran pemain mudanya, PERSIB U-18 menggelar tes fisik menggunakan metode Yo-Yo test. Para pemain yang mengikuti tes di Lapangan Fanshop Mini Soccer, selasa (9/6) itu sebelumnya dipilih secara acak.

Dilansir dari laman klub tersebut, Pelatih PERSIB U-18 Kartono Pramdhan menerangkan kegiatan dimaksud merupakan upaya tim pelatih dalam mengumpulkan data kebugaran anak asuhnya. Hasil tes yang diperoleh merupakan indikator penilaian terhadap keberhasilan program latihan mandiri yang dijalani skuat “Maung Ngora’ selama dua bulan belakangan.

“Latihan tanpa tolak ukur kurang obyektif. Jadi saya ingin tahu karena program dibuat secara sistematis baik dari volume maupun intensitas sesuai target, harus tetap penilaian obyektif melalui tes, ” papar Kartono.

Melalui Yo-Yo test tersebut, Kartono fokus dalam menakar tingkat kemampuan pemain dalam memulihkan kekuatan dan kebugarannya. Sebagai pelatih ia mengaku puas dengan hasil tes kali ini, kendati bila dibandingkan dengan situasi normal masih berada belum memenuhi standar.

“Sekilas lihat hasilnya di bawah yang diharapkan, tapi sesuai dengan target dengan melihat situasi ini. Alhamdulillah tes bisa terlaksana. Mudah-mudahan pemain dalam kondisi sehat, sebelum atau setelah tes tidak ada berkaitan dengan COVID-19, ” pungkasnya.

Yo-Yo test merupakan suatu pola latihan yang dianggap memadai dalam mengukur kapasitas VO2 max atau konsumsi oksigen. Lewat metode ini data mengenai daya tahan para pemain juga dapat diketahui. (BSD)

Baca Juga:  IJSL U12 Pekan Ke 4 Tentukan Peringkat Lolos Ke Putaran Kedua
Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker