Berita

Perjalanan Karir Diego “Tangan Tuhan” Maradona

anakbola.netDiego Armando Maradona atau yang lebih populer dengan nama Maradona, meninggal dunia pada Rabu (25/11) malam WIB. Pemain sepak bola legendaris yang terkenal dengan julukan “Tangan Tuhan” itu menghembuskan nafas terakhir disebabkan henti jantung.

Semasa hidupnya Maradona sempat menjabat sebagai pelatih timnas Argentina sejak November 2008 sampai Juli 2010 silam. Selama mengenakan jersey La Albiceleste, ia mumbukukan 91 caps dan menorehkan 34 gol untuk timnas Argentina.

Maradona memulai karir profesionalnya di klub Argentinos Junior (1976-1981). Debut profesionalnya terjadi disaat usianya belum genap 16 tahun, ketika melawan Talleres de Cordoba. Di klub ini Maradona tampil sebanyak 167 kali dan berhasil mengemas 115 gol.

Diego Maradona saat menjabat sebagai pelatih Timnas Argentina. (Foto: www.telegraph.co.uk)

Kemudian pemain bertubuh gempal itu hijrah ke Boca Juniors (1981-1982). Selama setahun memperkuat Boca Juniors, Maradona berhasil menyarangkan 28 gol dari 24 caps yang dilakoni.

Pada tahun 1982 Maradona meninggalkan Argentina untuk berlabuh di klub asal Catalunya, Barcelona. Dua tahun membela klub Eropa pertamanya, Diego Maradona hanya bermain sebanyak 36 kali dan menyumbangkan 22 gol.

Barcelona lantas menjualnya ke klub Italia, Società Sportiva Calcio Napoli. Napoli menjadi klub paling lama yang diperkuat olehnya. Di tahun kedua membela tim berjuluk “Partenopei Gli Azzurri” Maradona sukses mempersembahkan gelar juara Liga Italia musim 1986-1987. Tak hanya itu Dia juga membuat Napoli berhasil menggandengkan trofi Liga dan Coppa Italia. Kecermelangan Maradona juga menghantarkn SSC Napoli menjuarai Piala UEFA 1988-1989 (saat ini bernama Liga Eropa).

Diego Maradona kala berseragam Sevilla FC. (Foto: www.sevillafc.es)

Setelah tujuh tahun menjadi bagian dari skuat Napoli, Maradona kembali ke Spanyol. Kali Ini Sevilla FC menjadi klub pilihannya. Satu musim bermain untuk Sevilla 26 caps berhasil ditorehkannya dan mengoleksi 5 gol. Produktifitas yang menurun membuat Maradona meninggalkan Sevilla di akhir musim 1992/1993, lantas kembali ke Argentina.

Baca Juga:  Tim Tuan Rumah Finis di Peringkat 4 PSJS Mini Cup

Setelah menerima pinangan Newell’s Old Boys sang legenda sepak bola dunia ini jarang tampil. Tercatat 5 caps yang bisa dikantonginya sepanjang musim bersama klub asal kota Rosario ini. Seiring kemampuannya yang memudar Maradona mengakhiri karir sebagai pesepakbola di Boca Juniors FC (1985-1987). (MM/ATN)

 

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button