Berita

Potret Lapang Sepakbola Lamping Cariang, Tempat Favorit Pecinta Bola

anakbola.net – Warga desa Situsari, kecamatan Darma, kabupaten Kuningan boleh berbangga hati, lantaran memiliki lapangan sepak bola dengan kualitas yang cukup baik. Lapangan hijau yang diberi nama Lapang Sepak Bola Lamping Cariang, dibangun dengan maksud memberikan kenyamanan bagi para pemain kala bertanding, serta penonton yang ingin menyaksikan pertandingan nan menghibur.

Penamaan lapangan yang terletak di perbatasan desa Situsari dengan desa Gunung Sirah itu datang dari salah seorang pengurus Karang Taruna, yang enggan disebutkan namanya.

Klub sepak bola Situsari FC yang bermarkas di Lapang Sepakbola Lamping Cariang. (Foto: Istimewa)

Berawal dari gagasan Kepala Desa Situsari Endin yang mendapat dukungan penuh warga setempat, maka program renovasi lapangan tersebut dilaksanakan sejak tahun 2019 silam.

“Keputusan tersebut diambil karena kesadaran kami, bahwa untuk memajukan olahraga favorit warga dunia ini tidak cukup dengan memfokuskan pada pembinaan pemain, manajemen klub, pelatih, hingga perangkat pertandingan, melainkan perlu adanya fasilitas lapangan sepak bola yang berkualitas,” ujar Endin.

“Kami juga berharap secara bertahap lapangan ini bisa terus dikembangkan agar memenuhi standar nasional maupun bersakala internasional. Sehingga kedepannya, akan banyak pecinta sepak bola yang bertandang ke desa ini untuk bermain atau sekadar menonton laga sepak bola,” lanjutnya.

Endin, Kepala Desa Situsari (kiri). (Foto: Istimewa)

Oleh Kepala Desa Situsari pengelolaan Lapang Sepakbola Lamping Cariang diserahkan kepada pengurus Karang Taruna Padma Dipta yang dikomandoi Tio Rianto.

Menurut Tio, kualitas rumput di sini tidak kalah bagus dengan lapangan sepak bola yang terdapat di Kecamatan Darma, seperti Lapang Sepakbola Damarwulan, Lapang Sepakbola Cipasung, dan Lapang Sepakbola Paninggaran.

Dalam penuturannya dia mengaku bangga dengan keberadaan lapangan sepak bola kebanggaaan Desanya. Pasalnya beberapa event telah bergulir dengan sukses, diantaranya Trofeo Cup Situsari, fourfeo, maupun sekadar pertandingan persahabatan.

Baca Juga:  4 Bersaudara Kunci Kemenangan Putra Lengkong Kontra Panji Remeng

Endin mengatakan bahwa lapangan sepak bola yang dibangun itu, kini tidak hanya sebagai fasilitas olahraga bagi masyarakat setempat tetapi menjadi destinasi pesepakbola dari berbagai wilayah, antara lain kabupaten Majalengka, kabupaten Cirebon, dan kabupaten Kuningan.

Mereka sengaja datang buat merumput sekaligus menikmati pemandangan sejuk dan asri yang ditawarkan Lapang Sepakbola Lamping Cariang. Sehingga dengan demikian lapangan sepak bola ini bisa menjadi sumber pendapatan desa dan masyarakat Situsari.

“Kita bisa mencontoh lapangan Dawuan, Cikampek, Jawa Barat, meski berada di desa namun lapangan sepak bola tersebut sudah berskala internasional. Dengan pengelolaan yang baik, penghasilan dari sewa lapangan itu menjadi pemasukan desa. Efek dominonya, warga bisa mendapat penghasilan tambahan, misalnya dengan menyediakan kamar dirumahnya buat menginap bagi pemain atau pecinta bola yang mampir,” ungkap Andi Lanay pengurus Karang Taruna Padma Dipta kepada Fiki Priyatna, kontributor anakbola.net.

“Jelas ini berpotensi meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Selain itu juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi desa untuk mendorong kemajuan ekonomi desa. Karena, lapangan nantinya bisa disewakan ke masyarakat umum,” sambungnya.

Penyerahan piala dan piagam pada ajang Trofeo Situsari. (Foto: Istimewa)

Kini berkat kerja keras pengelola yang senantiasa mengedepankan pelayanan prima dan biaya sewa yang terjangkau, Lapang Sepakola Lamping Cariang menjelma menjadi lapangan favorit. (RED)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button