Sejarah/Profil

Mengenal Sheffield FC, Klub Tertua di Dunia Versi FIFA

anakbola.net – Federasi Sepak bola dunia (FIFA) menetapkan Sheffield FC sebagai klub sepakbola tertua di dunia. Salah satu klub bola Inggris ini didirikan pada 1857 di Kota Sheffield.

Bicara klub yang berasal dari kota Sheffield, kita tentu lebih mengenal nama klub Sheffield United yang musim ini berlaga di Premier League atau Sheffield Wednesday dengan Stadion Hillsborough-nya yang punya sejarah kelam itu.

Padahal, kota Sheffield adalah tempat lahirnya klub tertua di dunia dan sampai saat ini masih eksis sebagai klub sepakbola dan mengikuti kompetisi di Inggris.

Wajar saja kita tidak terlalu mengenal Sheffield FC, karena memang prestasi klub tertua di dunia ini tidak se mentereng klub Sheffield United atau Sheffield Wednesday yang lahir belakangan.

Sejak berdiri, tahun 1857, Sheffield FC hanya bermain di liga amatir Inggris. Klub yang awalnya adalah sebuah klub kriket di Sheffield yang didirikan oleh William Perst dan Nathaniel Creswick ini pada 24 Oktober 1857 dengan berkantor pertama kali di gudang pot dan rumah kaca.

Berbeda dengan Sheffield United atau Sheffield Wednesday yang pernah bermain di liga primer Inggris, liga champions UEFA, bahkan Sheffield Wednesday pernah menjuarai 4 kali menjadi juara liga Inggris sebelum berganti format menjadi liga primer Inggris. Bahkan Sheffield Wednesday merupakan salah satu klub pendiri liga primer Inggris tahun 1992.

Kota Sheffield yang terletak di Yorkshire selatan, Inggris juga di huni oleh beberapa klub lain yang malang melintang di liga primer Inggris, antara lain Hull City, Barnsley, Leeds United, Bradford City, Huddersfield Town, Rotherham United, Chesterfield dan Doncaster Rovers.

Tak heran, banyak orang tidak tahu tentang Sheffield FC karena banyaknya klub di wilayah Yorkshire selatan yang langganan main di liga primer Inggris.

Baca Juga:  Sore yang Menentukan Karir Elly Idris

Lihat saja, saat ini Sheffield FC hanya bermain di level 8-9 dalam kasta kompetisi di Inggris. Tepatnya Sheffield FC bermain di Northern Premier League Division 1 South East atau kompetisi level 8 di Inggris.

Sebenarnya ketika era liga amatir bergulir di Inggris, klub ini lumayan bisa bersaing. Namun sejak digulirkan liga profesional, Sheffield FC selalu mengalami kekalahan telak dengan jumlah gol yang banyak dari Aston Villa, Nottingham Forest maupun dari peserta liga lainnya.

Kemampuan klub amatir-semiprofesional yang ikut liga profesional tentu saja kesulitan menghadapi klub-klub yang dikelola secara profesional. Akhirnya, atas usulan Sheffield FC, agar Football Association Inggris membuat liga piala FA untuk klub amatir.

Tahun 2004 FIFA menganugerahkan “Centennial Order of Merit” kepada Sheffield FC

Tahun 1904, Sheffield FC berhasil menjuarai Piala FA dan menjadi tropi pertama bagi klub ini. Pada tahun 1977, Sheffield FC juga berhasil menjadi runner up pada Vas FA.

Sebagai klub tertua di dunia dan masih eksis sampai sekarang, FIFA menganugerahinya Order Of Merit pada tahun 2004 dan masuk dalam Hall of Fame sepak bola Inggris sebagai penghargaan dalam kemajuan sejarah sepak bola.

Mahmuddin Muslim Penggiat Sepak bola Usia Muda

Tampilkan Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker