Berita

Shin Tae-yong Berharap Bersama Timnas Sampai Piala Dunia U-20 2021

Saya tidak ingin mengecewakan masyarakat Indonesia di Piala Dunia U-20. Kita bisa menciptakan momen luar biasa bersama-sama.

anakbola.net –  Sempat ‘berkonflik’ dengan PSSI mengenai lokasi pemusatan latihan (TC) Tim Nasional Indonesia U-16, belakangan sikap Shin Tae-yong mulai melunak. Pelatih kepala Timnas itu pun mengaku masih berharap bisa mengarsiteki skuat Garuda Muda sampai Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Memanasnya hubungan Tae-yong dan PSSI berawal dari rencananya ingin memboyong pemain Timnas U-19 ke Korea Selatan untuk menjalani pemusatan latihan. Khawatir terhadap kesehatan dan keselamatam menjadi alasan mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma memindahkan tempat TC keluar dari Indonesia.

Shin Tae-yong Berharap Bersama Timnas Sampai Piala Dunia U-20 2021

Korsel dipilih sebagai lokasi TC karena dianggap lebih kondusif jika di bandingkan angka penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia. Karena di negara gingseng tersebut, situasi dinilai sudah membaik yang ditandai telah melandainya kurva penyebaran virus Corona sejak April lalu. Sedangkan di tanah air sampai dengan akan diberlakukannya ‘New Normal’ pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) virus Corona yang mewabah tidak juga mereda.

Menanggapi keinginan Shin Tae-yong, PSSI tidak menyetujui usulan tersebut. Mobilisasi personel mulai dari pemain, tim pelatih dan ofisial yang hampir mencapai 60 orang ke Korea Selatan tentu bukan perkara mudah di saat seperti ini. Apalagi belum dapat dipastikan pemerintah Korea Seatan memberi izin untuk masuk ke sana.

 

Shin Tae-yong Berharap Bersama Timnas Sampai Piala Dunia U-20 2021
TC Timnas U-19 di Thailand pada Januari 2020. (Foto: https://www.pssi.org/)

Kepada media di Korsel, KBS pelatih berusia 50 tahun itu mengatakan bahwa polemik tersebut bukan soal berselisih pendapat dengan PSSI, tapi terkait latihan dilakukan di tempat yang lebih aman.

“Media lokal (Indonesia, red) memberitakan saya mempunyai konflik dan perselisihan dengan federasi. Buat saya itu tidak penting, karena pemain Indonesia perlu meningkatkan kemampuan mereka agar mendapatkan hasil bagus.” ungkap Tae-yong.

“Saya memang ingin membawa timnas U-19 berlatih di Gyeongju. Tapi saya tetap siap melatih tim di manapun tempatnya.” sampai Tae-yong.

Baca Juga:  Sekjen PSSI: Pasca Keadaan Darurat Bencana PT LIB Siap Gulirkan Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020

Pelatih yang didapuk menggantikan Simon McMenemy pada Januari tahun ini mengungkapkan komitmennya dalam mening meningkatkan kualitas persepakbolaan Indonesia. Ditambah lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah pagelaran FIFA U-20 World Cup 2021. Karena itu Tae-yong berkeyakinan harus selekasnya membangun fondasi yang kuat bagi Timnas.

“Jika Anda mengatakan ‘Saya ingin juara’, itu tidak semudah seperti diucapkan. Saya tidak ingin mengecewakan masyarakat Indonesia di Piala Dunia U-20. Kita bisa menciptakan momen luar biasa bersama-sama,” tegasnya. (BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker