Berita

Shin Tae-yong Latih Timnas Pakai Smart Gate

anakbola.net – Di bawah komando manajer pelatih, Shin Tae-yong.Tim Nasional Indonesia menjalani tes fisik pada Rabu (19/2) siang. Bertempat di Lapangan G, Senayan, Jakarta seluruh pasukan Garuda mengikuti latihan dengan semangat dan antusias,

Training Center (TC) Timnas Indonesia berlangsung sejak 14 Februari hingga 22 Februari mendatang. Waktu latihan digelar lebih awal guna mematangkan persiapan menyongsong Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab pada akhir Maret mendatang.

Shin Tae-yong menerapkan tes fisik menggunakan alat yang bernama Smart Gate. Alat tersebut untuk melihat bagaimana kecepatan, kelincahan serta kebugaran pemain. Tiga aspek yang akan diukur dalam tes fisik yakni speed, agility, dan fitnes.

Para pemain diinstruksikan berlari mengikuti sinar lampu yang membuat mereka harus berganti arah dengan cepat. Selanjutnya menggunakan perangkat lunak (software) seluruh data pergerakan pemain terekam. Data ini dapat diakses melalui komputer maupun gadget.

Rekaman data tersebut kemudian dianalisis dan menjadi rujukan bagi evaluasi. Metode seperti ini telah digunakan sebelumnya oleh atlet-atlet dunia dari beragam cabang olahraga (cabor). Smart gate lazimnya digunakan diantaranya pada cabor sepak bola, atletik, bola basket dan rugbi.

Gelandang Saddil Ramdani meneranhkan bahwa dirinya dan anggota Timnas lainnya diminta untuk bekerja keras dan disiplin.

Sementara, pemain belakang Alfeandra Dewangga mengatakan bahwa semua pemain mengikuti instruksi pelatih Shin Tae-Yong dengan semangat.

“Fokus utama pelatih Sin masih ke kondisi fisik,” kata Alfeandra, yang pada akhir Januari 2020 mengikuti TC timnas U-19 di Thailand juga bersama Shin Tae-Yong.

Alfeandra juga memanfaatkan kesempatan pemusatan pelatihan saat ini untuk menimba ilmu bersama pemain senior. (Red)

Baca Juga:  Shin Tae-yong Akan Merotasi Pemain Saat Lawan Bosnia Herzegovina
Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker