Berita

Sofinofianty, Sayap Kanan yang Adil

AnakBola – Dikala pertama kali melihat akun Instagram Sofinofianty kesan yang terlintas dibenak kita bakal menyimpulkan bahwa dia merupakan sosok yang luar biasa. Penilaian tersebut memang tiada berlebihan bila merujuk ‘portofolio’ berupa galeri foto dan video di feed IG miliknya. Di sana tampak Sofi melakoni peran sebagai pemain sepak bola hingga wasit, pelatih, serta atlet futsal.

Menurut penuturannya profesi tersebut ditekuni selaras dengan minat dan latar belakang pendidikan. Tak main-main, lulusan Sarjana S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dari STKIP Pasundan Cimahi ini bahkan telah mengantongi lisensi wasit futsal level 3 dan lisensi pelatih futsal nasional.

Sofinofianty, Sayap Kanan yang Adil

“Untuk memperoleh lisensi wasit, saya mengikuti kursus pada tahun 2017. Lantas  di tahun 2020 menuntaskan kursus kepelatihan futsal,” ujar gadis kelahiran 29 Mei 1998 kepada AnakBola.

Sofinofianty, Sayap Kanan yang Adil
Kewibawaan Sofinofianty saat memimpin pertandingan. (Foto: @fake.moment)

Dalam menjalankan profesi wasit, Sofi sudah punya jam terbang yang cukup buat memimpin sejumlah pertandingan. Begitupula dengan status pelatih yang disandangnya, ia sempat dipercaya mengarsiteki tim futsal putri kabupaten Bandung Barat, Persebat, dan IKIP Siliwangi. Sofi pun tergolong pelatih bertangan dingin. Hal itu dibuktikan dengan menghantarkan Persebat mengangkat trofi juara Liga KBB dan runner up Liga Utama Seri B Jawa Barat.

Beralih ke profesi lainnya, Sofi kini bergabung dengan klub sepak bola putri Si Jalak Geulis. Di tim asal Kabupaten Bandung tersebut dia menempati posisi sebagai sayap kanan. Walau begitu, pengagum Cristiano Ronaldo itu juga mampu bermain di sektor sayap kiri maupun menjadi gelandang.

Sofinofianty, Sayap Kanan yang Adil
Sofi membawa Persebat menjadi runner up Liga Utama Seri B Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

Bersama Si Jalak Geulis, Sofi memperoleh kesempatan tampil pada Piala Pertiwi 2021/2022 zona Jawa Barat. Ketika itu langkah Sofi dan rekan-rekannya harus berhenti usai kalah dari Persib Bandung di babak semifinal.

Prestasi Sofi pada cabang olahraga ini memang belum sebanyak dan secemerlang seperti yang ditorehkan di arena futsal. Namun begitu, demi menambah menit bertanding dirinya sering mengikuti berbagai trofeo atau pertandingan kompetitif.

Sofinofianty, Sayap Kanan yang Adil
Keanggunan dan ketangkasan Sofi di Lapangan Bola (Foto: @the.beautifulgame2.0)

Sofinofianty mengaku telah mengasah pengetahuan, teknik dan taktik permainan sepak bola sejak tahun 2015. Persebat Academy yang berada di Kabupaten Bandung Barat merupakan ‘Kawah Candradimuka’ bagi Sofi menggembleng mental dan skill selaku pesepakbola. (BSD)

Catatan prestasi Sofinofianty
Atlet Futsal:

  • Juara 3 Asosiasi Futsal Provinsi Jabar (2021) 
  • Juara TUN FC Nasional (2020)
  • Juara TUN FC Nasional (2020)
  • Juara 3 Porprov XII Sumsel (2019)
  • Juara 3 Liga Mahasiswa Futsal regional Jabar (2019)
  • Juara 3 Liga Mahasiswa Futsal regional Jabar (2018)
  • Juara 3 Liga Mahasiswa Futsal regional Jabar (2016)
Baca Juga:  Zahra Sang Penari Di Lapangan Bola

Atlet Sepak Bola:     
Semifinalis Piala Pertiwi 2021/2022 zona Jawa Barat

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker