Berita

Usung Filanesia SSB Garuda Muda Gumukmas Cetak Pemain Mumpuni

anakbola.net – Mendirikan sekolah sepak bola (SSB) Garuda Muda Gumukmas, Karangrejo, Jember,19 Januari 2016 silam, Ilham bermaksud menggelar pembinaan bakat-bakat pesepak bola muda di desanya. Empat tahun berjalan, tercatat sebanyak 71 siswa dari kelompok umur U-10 hingga U-17 menempa diri sebagai pemain sepak bola di SSB ini. Demi berjalannya program latihan atau pembinaan, para siswa di Garuda Muda setiap bula dipungut iuran sebesar 20 ribu rupiah.

Diperkuat pelatih yang memiliki lisensi D serta dengan latar belakang profesi sebagai guru olahragara, SSB Garuda Muda telah mengukir cukup banyak prestasi. Mereka juga pernah mengarungi ketatnya kompetisi Piala Mempora, Danone Nations Cup serta pertandingan kompetitif lainnya.

Bagi SSB yang mengusung kurikulum filanesia (filosofi sepak bola Indonesia) ini tampil di berbagai kompetisi seperti itu, bukan bertujuan untuk mengoleksi trofi kemenangan. Melainkan pertandingan-pertandingan yang dilakoni merupakan sarana untuk belajar mencintai permainan sepak bola, mengembangkan skill pribadi menadi lebih mumpuni, serta meningkatkan kompetensi sebagai pemain sepak bola.

“Di sini (SSB Garuda Muda, red) pembinaan pemain usia muda dilaksanakan untuk mendorong pemain belajar dan berkembang. Sehingga tidak fokus meraih gelar juara, kemudian melupakan proses perkembangan individu siswa didik,” tutur Ilham.

“Oleh karena itu, para pelatih ditekankan untuk tidak semata-mata melatih kemampuan teknik, fisik dan taktik semata. Tetapi juga menumbuhkan sikap dan mental anak didiknya menjadi pesepakbola seperti yang dirumuskan dalam kurikulum filanesia,” sambungnya.

Penampilan siswa SSB Garuda Muda Gumukmas.

Dalam mempersiapkan siswa-siswa tersebut untuk mengarungi profesi sebagai pesepakbola, pengelola SSB Garuda juga menginternalisasikan nilai-nilai fairplay, solidaritas atau persaudaraan, integritas, anti kekerasan dan menjunjung tinggi ajaran agama masing-masing. Mungkin tidak semua siswa kelak menjadi pemain sepak bola, namum begitu menurut Ilham dengan nilai-nilai yang tersebut dapat dipraktikan dalam profesi apapun yang akan digeluti mereka. (RED)

Baca Juga:  Lifeboys Team Kalah 1-3 dari Putramayana U-19

 

 

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button