Berita

Tak Kecewa Tidak Dipanggil TC Timnas U-19, Edgard Amping Latihan Fisik di Pantai

anakbola.net – Menjadi pemain Tim Nasional Indonesia (timnas) adalah mimpi Edgard Amping, pemain muda milik PSM Makassar. Sayangnya nama Edgard luput dari daftar pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) virtual Timnas U-19. Namun hal ini tak membuatnya larut dalam kekecewaan.

Walaupun belum mendapat kesempatan bergabung dalam TC kali ini, ia masih berharap bisa masuk skuat besutan Shin Tae-yong itu. Bagi Edgard tidak ada kata menyerah dan patah semangat dalam ‘kamus’ hidupnya. Hasratnya senantiasa menggebu-gebu untuk tampil di lapangan dalam balutan jersey timnas.

Dilansir dari SuperSoccer (4/6), Edgard tak menampik jika berharap bisa dipanggil pelatih Timnas U-19. “Tentulah saya juga ingin dipanggil,” ujarnya.

Apalagi salah satu rekannya di program Garuda Select angkatan kedua, Erlangga Setyo Dwi Saputra turut dalam pemusatan latihan virtual tersebut.

Tumpuan Lini Belakang Garuda Select
Selama bergabung dalam program Garuda Select di Inggris dan Italia, sejak Oktober 2019 hingga Maret 2020, Edgard yang bermain di posisi bek sayap merupakan salah satu pemain yang paling sering diturunkan.

Tak ayal, dengan catatan 18 caps dari 21 total pertandingan yang dijalani Garuda Select membuatnya menjadi pemain andalan sekaligus tumpuan. Sebagai pemain bertahan, posisinya nyaris tak tergantikan.

Dengan kecepatan tingginya bergerak di sektor kiri Garuda Select kerap menciptakan peluang emas bagi koleganya di lini depan. Bahkan nama Edgard masuk dalam daftar Garuda Select Top Assists, setelah Muhammad Rafli Asrul (9), Bagus Kahfi (6), serta Bramdani (5) setelah berhasil membuat tiga assist pada semua penampilannya.

Tak mengherankan jika duet juru taktik Garuda Select asal Inggris, Dennis Wise dan Des Walker sering melontarkan pujian kepadanya.

Baca Juga:  Nico Siap Bersaing Rebut Posisi Lini Depan Timnas U-19

Latihan Fisik Di Pantai
Saat ini, pemuda kelahiran 9 Juni 2003 tersebut selalu menjaga kebugaran dan kesehatan. Kendati aktifitas sepak bola di tanah air terhenti karena pandemi virus Corona, ia konsisten melakukan latihan secara mandiri.

Anjuran social distancing oleh pemerintah tak membuat semangat anak dari pasangan Luther Amping dan Yuliana Rappo itu mengendur. Dengan pengetahuan dan pengalaman mengikuti program latihan dari tim pelatih Garuda Select, dirinya tak jemu-jemu mengasah skill dan menjaga kondisi fisiknya. Dengan kecerdikannya, Edgar memadukan materi latihan yang diperolehnya selama 5 bulan berlatih di Eropa dengan program rutin dari klub.

Sesekali Edgard tampak melakukan variasi latihan fisik di pinggir pantai, di dekat rumahnya di kawasan Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat. Ia sepertinya paham betul bahwa Tae-yong merupakan sosok pelatih yang sangat mengedepankan kekuatan fisik.

“Pantai memang tak jauh dari rumah saya. Terkadang juga latihannya dengan teman-teman yang pernah satu SSB (Sekolah Sepak Bola) di sini,” kata Edgar Amping.

Seperti diketahui, bahwa PSSI sedang mempersiapkan pasukan Garuda Muda yang akan berlaga di Piala AFC U-19, Oktober nanti. Puncaknya Timnas U-19 akan tampil menjamu lawan-lawannya pada FIFA U-20 World Cup 2020, saat Indonesia menjadi tuan rumah tahun depan.

Mengingat pelatih kepala timnas, masih akan melakukan seleksi maka peluang bagi pemain-pemain muda berbakat seperti Edgard masih terbuka membela Garuda Muda. (BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker