Berita

Training Camp Timnas U-16 Berlakukan Protokol Kesehatan Ketat

anakbola.net – Sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-16 yang akan berlangsung pada 25 November hingga 12 Desember nanti di Bahrain, Tim Nasional Indonesia/Timnas U-16 kembali menjalani training camp atau pemusatan latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Senin (6/7) pagi.

Pemusatan latihan ini menjadi momentum pertama kalinya anak asuh Bima Sakti latihan di lapangan setelah hampir empat bulan jeda karena wabah virus Corona yang melanda Indonesia.

Skuat Garuda Muda beserta ofisial sebelumnya mendapat arahan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk menjalani pemusatan latihan (Training Center/TC) dengan protokol kesehatan yang ketat. Rapid test terlebih dahulu dilakukan pemain dan ofisial begitu sampai di Hotel Amaroossa Grande, Bekasi pada hari Minggu (5/7/2020) kemarin.

Pelatih Timnas U-16, Coach Bima Sakti bersyukur timnya dapat kembali lagi menjalani pemusatan latihan langsung di lapangan setelah hampir empat bulan hanya menjalani virtual training.

“Hari ini kami latihan dengan intensitas agak turun. Hal ini kami lakukan karena pemain sudah lama tidak berlatih di lapangan dan kami hanya melakukan virtual training saat pandemi COVID-19. Intensitas latihan akan kami tingkatkan tiap minggunya,” terang Coach Bima Sakti.

Bimas Sakti juga menyampaikan terima kasih kepada Ketum PSSI, Mochamad Iriawan beserta jajaran pengurus PSSI yang mengusahakan izin dan dukungan penuh TC di Bekasi kepada Timnas U-16. Alumnus PSSI Primavera di era tahun 1990-an itu juga mengapresiasi support dari pemerintah kota Bekasi.

Coach Bima Sakti memimpin TC hari pertama Timnas U-16, Senin (6/7). (Foto: https://www.pssi.org/)

Bima menambahkan bahwa kondisi semua pemain dan ofisial saat ini sehat semua. Apalagi kemarin baru saja menjalani rapid test. Kemudian dokter PSSI, Syarif Alwi juga memberikan materi panduan protokol kesehatan dan besok (7/7) pemain dan ofisial menjalani PCR (Swab) Test.

“Seluruh pemain dan ofisial Timnas U-16 mengikuti TC kali ini dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti kami menjaga jarak saat makan, duduk di dalam bus dan bus dua kali bolak-balik mengakut pemain dan ofisial dari hotel ke stadion begitu juga sebaliknya. Karena kami ingin semua pemain dan ofisial terjaga kesehatannya dan TC berjalan lancar,” paparnya.

Baca Juga:  Sulit Tembus Pertahan PAK, SSB Bunda Persaci U-17 Kalah 0-4

Mantan pemain Timnas Indonesia era 90 hingga 2000’an ini menyatakan bahwa pada bulan Juli ini direncanakan akan menjalani beberapa uji coba lokal maupun internal game saja. Uji coba lokal pun ia akan berkonsultasi dengan dokter tim agar mendapat lawan uji coba yang bebas dari COVID-19 alias harus dilakukan tes kesehatan terlebih dahulu.

Sementara itu salah satu pemain Timnas U-16, Marcell Januar Putra mengaku senang dapat kembali berlatih di lapangan bersama rekan-rekannya. Ia pun tidak masalah meski harus menerapkan protokol kesehatan saat menjalani TC.

“Kami akui harus meningkatkan lagi kondisi dan performa kita semua. Pelatih tadi memberikan materi pengingat kembali menu latihan seperti transisi menyerang ke bertahan begitu juga sebaliknya,” kata pemain asal Bali United tersebut.

Rapid Test
Sebelumnya pada hari Minggu (5/7) skuat Garuda Muda telah tiba di hotel tempat menginap yakni Hotel Amaroossa Grande, Bekasi. Seluruh pemain dan ofisial pun langsung menjalani rapid test yang dipimpin langsung dokter PSSI, Syarif Alwi.

“Sesuai arahan Ketua Umum PSSI, hari ini seluruh pemain dan ofisial Timnas U-16 kita lakukan pemeriksaan rapid test. Setelah rapid test, pemain dan ofisial mendapat materi tentang protokol kesehatan menghindari COVID-19,” ujar Syarif Alwi. (BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker