Serba Serbi

Kontribusi Liga Tarkam di Sambas Bagi Pembinaan Sepakbola

Catatan pinggir Manager Gabsis Sambas

anakbola.net –  Disaat minimnya kompetisi sepakbola amatir maupun profesional di Kabupaten Sambas, banyak event se-level ‘Liga Tarkam’ rupanya sedikit membantu pembinaan sepakbola di sana.

Kontribusi Liga Tarkam di Sambas Bagi Pembinaan Sepakbola

Hal ini diakui oleh Firmansyah, Manager Gabsis Sambas runner up Piala Soeratin U-15. Dengan sarana yang masih kurang layak, namun Gabsis Sambas mampu tampil dengan sangat baik di putaran nasional Piala Soeratin U-15.

Di Kalimantan Barat (Kalbar), Gabsis Sambas merupakan salah satu klub yang cukup diperhitungkan. Sederet prestasi yang pernah dicapai, antara lain pada tahun 2003 meraih trebel winner setelah menjadi juara pertama tingkat Provinsi Kalbar untuk kategori U-15, U-17 dan Perserikatan.

Namun ketika mewakili Kalbar di putaran nasional Piala Soeratin di tahun tersebut, Gabsis hanya mampu menembus 16 besar nasional. Sedangkan dalam event perserikatan, baik tim U-15 maupun U-17 sama-sama tidak lolos dari babak penyisihan grup.

Kesempatan datang kembali, pada tahun 2017 tim U-17 Gabsis menjadi juara tingkat provinsi. Gabsis pun menjadi wakil Kalbar di putaran nasional Piala Soeratin yang berlangsung di Sleman, Yogyakarta.

“Capaian tertinggi diperiode ini adalah lolos ke dari babak penyisihan grup atau masuk 16 besar”, sebut Firman.

Kontribusi Liga Tarkam di Sambas Bagi Pembinaan Sepakbola
Manager Gabsis Firmansyah

Dengan keberhasilan Gabsis U-15 dalam gelaran Piala Soeratin 2019 Firman sangat bersyukur, sekaligus tak menyangka jika para pemain bisa tampil memukau baik secara tim maupun secara individu. Dimana bukan saja mencatatkan diri sebagai finalis, dua pemain Gabsis juga meraih predikat sebagai top score dan best player.

“Ini prestasi yang luar biasa jika dibandingkan sarana yang dimiliki. Tatkala kami belum memiliki lapangan atau GOR yang representatif”, kata Firman.

Sukses Gabsis di pentas nasional, menurut Firman tidak terlepas dari seringnya mereka berkompetisi. Meskipun itu hanya di level Liga Tarkam.

Baca Juga:  Demi Sikap Politik Timnas Indonesia Urung Tampil Pada Piala Dunia 1958

“Beruntung cukup sering penyelenggaraan Liga Tarkam yang bisa diikuti Gabsis Sambas. Kompetisi seperti itu dijadikan Gabsis sebagai ajang untuk melaksanakan pembinaan”, pungkas Firman.

Tentang Gabsis Sambas

Gabsis Sambas merupakan singkatan dari Gabungan Sepakbola Sambas. Akronim Gabsis merupakan gambaran dari bergabungnya tiga klub, yaitu Gabsis Sambas, Persipem Pemangkat serta Persiwang Singkawang. (MM/BSD)

 

 

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker