Berita

Rafael Tri Anjelo, Sang Kapten Dengan Kemampuan Komplet

anakbola.net – Pembawaannya yang tenang disertai dengan jiwa kepemimpinan nan tegas, bijaksana di lapangan hijau, serta memiliki visi bermain yang baik, melekat kuat pada diri Rafael Tri Anjelo. Tak heran jika ban kapten kerap melingkar beberapa kali di lengan centre back tangguh asal sekolah sepak bola (SSB) Garuda Junior Tangerang, Banten ini.

Ello begitu remaja kelahiran 6 Februari 2007 silam ini biasa disapa juga dinilai mempunyai kemampuan yang komplet sebagai pemain bertahan. Pasalnya, selain ketenangannya menjaga areal pertahanan, insting Ello buat membaca pergerakan amat baik.

Meski tubuhnya sedikit ramping, namun ia cukup kuat saat meladeni duel satu lawan satu. Belum lagi kepiawaiannya dalam me-marking dan menekel pemain lawan yang hendak membahayakan gawang timnya. Dengan postur tubuh yang tinggi, pengagum Carles Puyol dan I Putu Gede Juni Antara tersebut memiliki modal dalam memenangkan perebutan bola di udara.

Bersama SSB Garuda Junior, pelbagai kompetisi sepak bola usia dini atau usia muda telah dilakoni Rafael Tri Anjelo. Termasuk menorehkan banyak prestasi, seperti membawa timnya menjuarai Piala Soeratin U-13 tingkat provinsi Banten 2019-2020, dan menjadi juara I’SEAFT U-13, regional Banten.

Rafael Tri Anjelo (berdiri/kanan) bersama rekan-rekannya di SSB Garuda Junior. (Foto: indonesiajuniorleague.com)

Bisa menghantarkan SSB Garuda Junior sampai ke final Piala Soeratin U-13, memberi kesan tersendiri bagi pelajar SMP Negeri 20 Tangerang ini. Apalagi ia dipercaya sebagai kapten saat timnya berhasil memetik kemenangan atas wakil Kota Tangerang Selatan, yakni Bintang Junior.

“Momen yang sulit dilupakan itu ialah saat menjuarai Piala Soeratin U-13 tahun 2019 lalu. Karena kami sebagai tim debut-an yang awalnya tidak diunggulkan. Namun dalam perjalanan malah berhasil menjadi juara ke-1 dan tak terkalahkan selama kompetisi,” tutur Elllo.

Baca Juga:  SSB Bina Mandiri U-13 Wajib Menang Lawan Bromo FC

Bagi sosok yang juga gemar bersepeda ini, segenap pencapaiannya sebagai pesepakbola junior tidak lepas dari peran para pelatihnya, teristimewa oleh tangan dingin Coach Nando Fay.

Coach Nando Fay adalah pelatih idola saya, karena dengan kesabarannya melatih bisa membuat saya seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Aksi Rafael Tri Anjelo kala menggiring bola. (Foto: indonesiajuniorleague.com)

Selain bermain di posisi centre back, Ello pun bisa tampil apik sebagai full back kanan. Meski memiliki bakat dan skill yang mumpuni, Rafael Tri Anjelo masih harus mengasah dan meningkatkan kemampuannya lagi jika ingin bisa membela Timnas Indonesia, seperti impiannya.

Saat ini misalnya, ia perlu latihan khusus buat memaksimalkan kekuatan kaki kirinya. Sehingga tidak hanya mengandalkan kaki kanan kala menendang dan atau mengolah bola. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kualitasnya sebagai pemain belakang di era sepak bola modern yang punya kemampuan kaki kanan dan kiri sama hebatnya. (BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker