Berita

Darurat Corona: Dari Liga Indonesia Hingga Liga Tarkam, Tunda Jadwal Pertandingan

anakbola.net – Merespon kian meluasnya wabah Corona, penyelenggara gelaran sepak bola di berbagai daerah memutuskan untuk menunda jadwal pertandingan. Alasan pokok penundaan ialah demi keselamatan dan kesehatan pemain, official, perangkat pertandingan, hingga para penonton atau orang tua dari para pemain sepak bola agar tidak terpapar virus Corona.

Jika sebelumnya PSSI, mengumumkan menunda pelaksanaan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 selama dua pekan, sejak 16 Maret 2020. Di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) misalnya panitia Open Tournament Mekar Sari Cup III resmi menghentikan untuk sementara waktu rangkaian pertandingan sejak 23 Maret 2020.

Langkah tersebut diambil merujuk edaran Gubernur Kalbar serta Bupati Kubu Raya untuk meniadakan berbagai bentuk kegiatan yang bersifat kerumunan/mengumpulkan orang.

Menurut Suhandi salah satu panitia Mekar Sari Cup, penundaan jadwal pertandingan ini diberlakukan sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. “Tounament diliburkan hingga situasi kondusif kembali” kata Suhandi kepada anakbola.net.

Keputusan ini disambut baik oleh setiap tim peserta turnamen.  Seluruh tim kompak menerima dan memaklumi terhadap siuasi Covid-19 yang mulai menjangkiti masyarakat di Kalbar. Apalagi penundaan sementara waktu ini merupakan bagian dari upaya segenap komponen masyarakat untuk memutus penyebaran virus Corona (Covid-19) yang semakin meluas melalui social distancing.

Ilustrasi virus corona (https://pixabay.com/)

Tak hanya turnamen Mekar Sari Cup di Kalbar, pertandingan sepak bola untuk usia muda yang diselenggarakan di wilayah Jabodetabek pun demikian. Beberapa event sepak bola usia muda dimaksud misalnya, Kompetisi Indonesia Junior Soccer League U12, Turnamen Liga Askot PSSI Jakarta Selatan U13, dan Banten 7s Championship U12 juga sepakat menunda jadwal pertandingan.

Selain itu adapula turnamen Jirexs Championship yang semestinya dilaksanakan pada Rabu (25/3) namun oleh penyelenggara diundur. Pengunduran jadwal ini merupakan kali kedua ekses dari merebaknya virus Corona.

Baca Juga:  Ini Harapan Kurniawan Dwi Yulianto untuk Calon Sekjen PSSI

Keputusan menghentikan sementara waktu event sepak bola dilakukan juga oleh penyelenggara turnamen PSP CUP IV, Sawangan-Depok, Jawa Barat. Sejak 14 Maret 2020 lalu, panitia resmi menghentikan rangkaian pertandingan yang telah memasuki putaran kedua hingga pemerintah setempat mengizinkan. (LIM/BSD)

Tampilkan Lainnya

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button